Rabu, 14 Mei 2008

Sebuah apel sehari, penyakit menjauh

Di dunia belahan barat, apel adalah buah unggulan dan digandrungi, sepertihalnya durian di Tanah Air kita. Karena kecintaannya pada buah bundar ini maka disana apel disana apel dibudi dayakan dengan gencar. Diseluruh dunia diperkirakan ada7000 jenis apel, tetapi hanya beberapa macam saja yang beredar di pasar. Sebut saja sebagian diantaranya apel kampung, apel Australia, apel manalagi dan apel Amerika. Bentuk, ukuran, warna dan tekstur masing2 jenis apel berbeda, tapi dari segi gizi atau nutrisinya relatif sama.Yakni mengandung Kalium/potassium dan pektin tinggi yang bermanfaat sekali mencegah stroke, menurunkan kadar gula pada diabetes militus, kolestrol darah, serangan asma dan jantung koroner.

APEL MERAH
Umumnya berbentuk bulat dan cekung pada pangal pucuknya. daging apel berwarna putih, renyah dan berair dengan rasa manis atau asam. Daging buah dilindungikulit tipis yang biasanya mengilap. Bila daging dikerat akan keluar aroma harum dan segar. Kandungan zat gizi pada apel merah adalah kalium, pektin dan selulosa.
Kalium adalah mineral yang berfungsi meneraturkan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel2 tubuh dan mengatur tekanan darah. Apel merah tergolong tinggi kaliumnya, setiap 203mg/100 g
Sedangkan selulosa, beberapa hemiselulosa dengan lignin pada kulit apel merupakan serat tidak larut dalam air yang banyak sekali khasiatnya. Diantaranya, dapat mempercepat proses perjalanan sisa makanan keluar dari saluran pencernaan. Pektin adalah serat yang sifatnya larut, dapat membentuk gel di usus, terdapat pada daging apel. Efek kerjanya memperlambat gerak sisa makanan sehingga yang dirasakan, perut kenyang lebih lama. Karena itu disarankan bagi yang sedang berdiet melangsingkan tubuh untuk memakan apel sebagai sumber energi.

APEL MALANG
Jenis apel berwarna hijau dengan semburat merah bisa dikenal sebagai apel malang. Kandungan zat gizinya diantaranya vitamin A, B dan C serta mineral seperti belerang, zat besi,klor, fosfor, kalsium, magnesium, natrium, potasium, dan silikon. Buah ini bisa untuk obat batuk, penghancur batu ginjal, melancarkan pencernaan, membersihkan tubuh dari racun dan mengobati peradangan. Kandungan vitamin A nya lebih banyak 50% dari jeruk. vitamin B N C nya bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi untuk mengusir influenza dan infeksi serta menjaga kesehatan mata n mencegah kebutaan, rajinlah mengkonsumsi apel malang.
Apel juga mengandung zat tanin yg dapat membuat keringat lebih wangi, mencegah kerusakan gigi dan gangguan gusi seperti tumpukan plak, juga mencegah infeksi saluran kencing dan resiko penyakit jantung. Nah tunggu apa lagi? Segera borong apel!!!!!

Tidak ada komentar:

My Slide

My Map